MAKALAH PENGANTAR BISNIS
Kopi adalah minuman hasil seduhan biji kopi yang telah disangrai dan dihaluskan menjadi bubuk. Kopi merupakan hasil bumi yang melimpah di Indonesia dan memiliki banyak khasiat bagi mereka yang mengkonsumsinya. Beberapa khasiat kopi adalah mencegah penyakit diabetes hingga 50% dan kopi juga mengandung zat asam klorogenik dan trigonelin yang dapat meningkatkan insulin dan menghambat penyerapan glukosa dalam tubuh. Dan yang biasa orang ketahui adalah kopi dapat menyegarkan tubuh dan membuat orang tidak mudah mengantuk karena memiliki zat kafein. Oleh karena itu banyak orang yang mengkonsumsi kopi ini, maka dari itu dapat kita manfaatkan selera masyarakat ini untuk menjadi sebuah peluang bisnis yang menguntungkan.
Semakin kesini, bisnis Coffe Shop di Indonesia penuh dengan persaingan untuk menarik pelanggan, sehingga segala strategi peningkatan bisnis Coffe Shop pun diterapkan seperti pemberian diskon dan voucher. Tentunya strategi yang diterapkan dapat memberikan peluang bagi pemilik kedai kopi dalam memenangkan persaingan bisnis ini.
Usaha kedai kopi di Indonesia secara umum masih menggunakan strategi konvensional, dimana calon konsumen yang membeli atau memesan kopi kemudian duduk menikmati kopi di kedai kopi. Dari sini, pemilik kedai kopi pasti akan berpikir keras untuk menawarkan suasana dengan ciri khasnya masing – masing. Ada kedai kopi yang memiliki konsep minimalis pada dekorasi kedai kopinya, ada juga ynag menggunakan konsep sajian dengan mengkombinasikan makanan yang dapat meningkatkan karakter rasa kopi, dan banyak lagi konsep lainnya yang di terapkan oleh masing – masih pemilik kedai kopi dengan harapan bisa meningkatkan penjualan bisnis kedai kopinya.
Ruang lingkup usaha kedai kopi ini akan di rancang sebaik-baiknya karena semua itu dapat memberikan pengaruh yang sangat besar terhadap maju mundurnya bisnis ini. Kedai kopi ini pun lokasi nya sngat strategis dan akses transportasi ke lokasi ini juga sangat lancer sehingga memudahkan pelanggan untuk mengunjungi kedai kopi ini.
Untuk kualitas produk di Coffe shop ini sangat berkualitas dan dapat memuaskan pelanggan. Sumber bahan baku atau supplier biji kopi ini sudah terjamin dan terbukti kualitasnya, sehingga bisa menyajikan produk yang berkualitas dan tidak mengecewekan pelanggan karena sesuai dengan misi kedai kopi ini ini bahwa kepuasan pelanggan adalah nomor satu.
Saya membuka “Beach Coffee Shop” diperuntukan bagi segala kalangan baik pelajar, mahasiswa, maupun pekerja untuk refreshing dari penatnya berbagai aktivitas yang telah dijalani. Coffe Shop ini beruansa pantai agar telihat lebih menyegarkan pandangan dengan secangkir kopi merupakan moment yang pas umtuk nongkrong dan berbagi cerita bersama teman, kolega, konsumen, pasangan, dan lain-lain.
“Beach Coffe Shop” didirikan untuk kalangan muda yang gemar akan berbagai macam kopi, dari kopi expresso, kopi luwak sampai vanilla latte. Disini pun menyedikan non coffee serta makanan pendampingnya. Beach Coffee Shop adalah solusi yang tepat untuk bersantai ataupun meeting. Beach Coffee Shop merupakan tempat yang sangat nyaman untuk belajar. Beach Coffee Shop memiliki jam buka setiap hari dari jam 11.00 pagi hingga 10.00 malam.
B. Rumusan Masalah
Berdasarkan uraian latar belakang yang telah dipaparkan di atas, maka rumusan masalah yang diajukan dalam penelitian ini sebagai berikut :
1. Bagaimana sebagai upaya untuk meningkatkan bisnis ini agar lebih kompetitif dalam menghadapi persaingan bisnis coffee shop ?
2. Strategi apa yang diperlukan untuk meningkatkan bisnis Beach Coffee Shop dalam menghadapi persaingan dalam bidang bisnis coffee shop ?
3. Apakah ruang lingkup ini sangat berpengaruh besar terhadap majunya kedai kopi ini ?


Komentar
Posting Komentar